Andri Haryanto – detikNews
Senin, 18/06/2012 04:45 WIB

Kuala Lumpur, Kementerian Informasi, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia akan segera mengakui tarian Tor tor dan Gondang Sambilan yang selama ini dikenal di masyarakat Sumatera Utara, sebagai warisan kebudayaan nasional negeri jiran.

Dikutip dari Bernama.com, Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Datuk Seri Dr Rais Yatim mengatakan, tarian Tor Tor dan alat musik Gondang Sambilan akan didaftarkan dalam Seksyen 67 sebagai Akta Warisan Kebangsaan 2005.

“Namun (pengakuan) ini dengan syarat penampilan tarian secara periodik harus dilakukan dan aneka permainan gendang harus dipertontonkan di depan masyarakat,” kata Rais di hadapan wartawan usai membuka pertemuan komunitas Mandailing, Kamis (14/6/2012) waktu Malaysia.

Rais menambahkan, promosi seni dan budaya Mandailing sangat penting, karena dapat membuka asal usul budaya tersebut, di samping menyatukan dengan komunitas lainnya.

*Kesimpulan
Tari Tor-Tor dan Gondang Sambilan yang kita kenal sebagai warisan budaya suku di Sumatera Utara akan segera dipatenkan dalam Seksyen 67 sebagai Akta Warisan Kebangsaan Malaysia tahun 2005, dengan syarat tarian harus ditampilkan secara periodik dan permainan harus dipertontonkan didepan masyarakat.