Jaman sekarang manusia sudah memasuki masa yang serba mudah dalam segala hal. Gadget misalnya, merupakan sebuah alat bantu kegiatan manusia sehari-hari. Dimanapun dan kapanpun, kita dapat melakukan aktivitas seperti transaksi jual-beli barang, transfer uang, dan membayar tagihan hanya melalui telepon genggam atau ATM yang tersedia.

Namun, disisi lain ternyata hal tersebut mendatangkan sebuah permasalahan yang baru pula. Manusia kini cenderung memiliki gaya hidup yang konsumtif.

Kita ambil contoh Online Shop yang kini mulai menjadi incaran para konsumen, khusunya kaum wanita. Hal ini tentu saja membuat pengeluaran tidak terkontrol, khususnya bagi para shopaholic yang tidak mampu menahan diri ketika produk baru diluncurkan. Akibatnya, banyak wanita yg terjerat masalah kehabisan uang karena sikap yang konsumtif tersebut.

Bagi saya, sebenarnya bisnis Online-Shop tersebut bukanlah penyebab masalahnya. Permasalahannya justru datang dari dalam diri masing-masing pribadinya, berkaitan dengan pengelolaan keuangannya. Sudah seharusnya kita menyadari hal-hal apa saja yang menjadi prioritas kebutuhan.

Berawal dari hal tersebut, kita akan sedikit terbantu dalam memilah-milah apa saja yang perlu dibelanjakan atau dibeli, sehingga tdk akan terjadi kehabisan uang sebelum waktunya. Sudah waktunya kita cerdik dalam menyiasati pengeluaran sehingga dana yang tersedia bisa digunakan seefektif mungkin.